News
Loading...

Apa itu Komputer ?




Pengertian komputer, sejarah komputer

Komputer adalah perangkat yang menerima informasi (dalam bentuk data digital) dan memanipulasinya untuk beberapa hasil berdasarkan program atau urutan instruksi tentang bagaimana data diproses. Komputer kompleks juga termasuk sarana untuk menyimpan data (termasuk program, yang juga merupakan bentuk data) untuk beberapa durasi yang diperlukan. Sebuah program mungkin tidak berubah dan dibangun ke dalam komputer (dan disebut sirkuit logika seperti pada mikroprosesor) atau program yang berbeda dapat diberikan ke komputer (dimuat ke penyimpanannya dan kemudian dimulai oleh administrator atau pengguna). Komputer saat ini memiliki kedua jenis pemrograman. (baca juga : jenis-jenis komputer)

Sebagian besar sejarah komputer modern dimulai dengan Analytical Engine yang dibayangkan oleh Charles Babbage mengikuti ide-ide matematika George Boole, ahli matematika yang pertama kali menyatakan prinsip-prinsip logika yang melekat dalam komputer digital saat ini. Asisten dan kolaborator Babbage, Ada Lovelace, dikatakan telah memperkenalkan ide-ide dari loop program dan subrutin dan kadang-kadang dianggap sebagai programmer pertama. Selain kalkulator mekanik, komputer pertama yang benar-benar bisa digunakan dimulai dengan tabung hampa, dipercepat dengan penemuan transistor, yang kemudian menjadi tertanam dalam jumlah besar di sirkuit terpadu, yang pada akhirnya memungkinkan komputer pribadi yang relatif murah.

Komputer modern secara inheren mengikuti ide-ide dari program yang disimpan yang ditata oleh John von Neumann pada tahun 1945. Pada dasarnya, program ini dibaca oleh komputer satu instruksi pada satu waktu, operasi dilakukan, dan komputer kemudian membaca dalam instruksi berikutnya, dan seterusnya. Baru-baru ini, komputer dan program telah dirancang untuk memungkinkan beberapa program (dan komputer) bekerja pada masalah yang sama pada saat yang bersamaan secara paralel. Dengan munculnya Internet dan transmisi data bandwidth yang lebih tinggi, program dan data yang merupakan bagian dari keseluruhan proyek yang sama dapat didistribusikan melalui jaringan dan mewujudkan slogan Sun Microsystem: "Jaringan adalah komputer."


Baca juga : Perbedaan Modem dan Router 
Baca juga : Pengertian Harddisk, Bagian dan Jenisnya

Post a Comment

0 Comments