News
Loading...

INTERAKSI MANUSIA DAN KOMPUTER-MESIN

Manusia hidup pasti mempunyai hubungan dengan lingkungan hidupnya, bukan sekedar itu, manusia telah berusaha pula mengubah lingkungan hidupnya demi kebutuhan dan kesejahteraan. 
Disini Sarjana Bersama merangkum pembahasan Interaksi Manusia dan Komputer serta Mesin sesuai judul kita kali ini.


Interaksi manusia dan mesin, interaksi manusia dan komputer


Interaksi Manusia dan Komputer

Pengertian

Interaksi Manusia dan Komputer atau yang biasanya disingkat IMK merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara manusia dan komputer yang meliputi perancangan, evaluasi, dan implementasi antarmuka pengguna agar mudah digunakan manusia.
IMK juga diartikan sebagai serangkaian proses, dialog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer secara interaktif untuk melaksanakan dan menyelesaikan tugas yang diinginkan. Agar komputer dapat diterima secara luas dan digunakan secara efektif, maka perlu dirancang secara baik. Hal ini tidak berarti bahwa semua sistem harus dirancang agar dapat mengakomodasi semua orang, namun komputer perlu dirancang agar memenuhi dan mempunyai kemampuan sesuai dengan kebutuhan pengguna secara spesifik.
Pada tahun 1970 mulai dikenal istilah antarmuka pengguna (user interface), yang juga dikenal dengan istilah Man-Machine Interface (MMI), dan mulai menjadi topik perhatian bagi peneliti dan perancang sistem. Perusahaan komputer mulai memikirkan aspek fisik dari antarmuka pengguna sebagai faktor penentu keberhasilan dalam pemasaran produknya.
Istilah human-computer interaction (HCI) mulai muncul pertengahan tahun 1980-an sebagai bidang studi yang baru. Istilah HCI mengisyaratkan bahwa bidang studi ini mempunyai fokus yang lebih luas, tidak hanya sekedar perancangan antarmuka secara fisik.
HCI didefinisikan sebagai disiplin ilmu yang berhubungan dengan perancangan, evaluasi, dan implementasi sistem komputer interaktif untuk digunakan oleh manusia dan studi tentang fenomena di sekitarnya. HCI pada prinsipnya membuat agar sistem dapat berdialog dengan penggunanya seramah mungkin (user friendly). Tidak hanya perancangan layout layar monitor. Dari sudut pandang pengguna merupakan keseluruhan sistem sehingga Useful, Usable, Used.
Useful      : fungsional, dapat mengerjakan sesuatu
Usable    : Dapat mengerjakan sesuatu dengan mudah, mengerjakan sesuatu yang benar.
Used        : Terlihat baik, tersedia dan diterima/digunakan oleh organisasi.

Tujuan

IMK memiliki tujuan utama sebagai berikut :
1. Membuat sistem yang lebih erguna (usable), aman (safe), produktif, efektif (efectiveness), Efisien  (eficiency) dan Fungsional.
2.  Meningkatkan interaksi antara manusia dengan sistem komputer
Sistem yang bermanfaat (usable) dan aman (safe), artinya sistem tersebut dapat berfungsi dengan baik. Sistem tersebut bisa untuk mengembangkan dan meningkatkan keamanan (safety), utilitas (utility), ketergunaan (usability), efektifitas (efectiveness) dan efisiensinya (eficiency). Sistem yang dimaksud konteksnya tidak hanya pada perangkat keras dan perangkat lunak, tetapi juga mencakup lingkungan secara keseluruhan, baik itu lingkungan organisasi masyarakat kerja atau lingkungan keluarga. Sedangkan Ketergunaan (usability) disini dimaksudkan bahwa sistem yang dibuat tersebut mudah digunakan dan mudah dipelajari baik secara individu ataupun kelompok. Utilitas mengacu kepada fungsionalitas sistem atau sistem tersebut dapat meningkatkan efektifitas dan efesiensi kerjanya.

Contoh

Interaksi Manusia – Komputer sebagai berikut :
  • Rumah : Komunikasi jarak jauh dengan menggunakan telepon
  • Kantor : Browsing diinternet atau berkomunikasi dengan sosial media dengan menggunakan komputer
  • Kampus : Sambungan internet yang menggunkan hospot atau wi-fi
  • Lahan Pertanian : Hasil panen padi yang dirontokkan menggunakan mesin perontok
  • Pasar Induk : Untuk mengetahui berat suatu barang yang diperjualbelikan menggunakan timbangan.

Interaksi Manusia Dan Mesin

Pengertian

Sistem Manusia-Mesin adalah kombinasi antara satu atau beberapa manusia dengan satu atau beberapa mesin, yang saling berinteraksi, untuk menghasilkan keluaran-keluaran berdasarkan masukan-masukan yang diperoleh.
Sistem Mesin-Manusia dapat diartikan sebagai suatu sistem dimana kedua komponen harus bekerja sama untuk menyelesaikan pekerjaan. Masing-masing komponen ( komponen manusia saja, atau komponen mesin saja) tidak berarti tanpa adanya komponen yang lain sebagai pelengkapnya. Tugas dalam merancang sistem Mesin-Manusia untuk menentukan cara yang paling efektif untuk menyajikan keterangan kepada operator manusia dengan menggunakan peragaan penglihatan, peragaan pendengaran, dan peragaan perabaan (visual).
Sistem mesin - Lingkungan pada proses penghijauan lingkungan semakin mudah contoh di saat kita ingin menanam pohon tentu saja kita menggunakan teknologi seperti teknologi mesin untuk menggali tanah, mesin untuh membersihkan lahan penanaman, mesin untuk penyiraman. Sistem mesin-lingkungan juga dapat menyebabkan kerusakan penggunaan kendaraan bermotor dan mesin-mesin yang hasil sisa energinya dapat merusak lapisan ozon dan menimbulkan pemanasan global yang cakupan kerusakan lingkungannya adalah seluruh dunia. Walaupun kita akan merasa bahwa dampak kendaraan kita bagi lingkungan sangatlah kecil, cobalah kita lihat di sekitar kita, berapa orang yang menggunakan teknologi kendaraan ini.. Misalnya, memang alat-alat elektronik tersebut tidak membawa dampak secara langsung kepada perusakan lingkungan. Namun bila kita lihat baik-baik: Alat-alat elektronik membutuhkan listrik, listrik berasal dari pembangkit listrik yang bisa saja menggunakan mesin diesel yang asapnya dapat merusak lingkungan. Jadi, semakin banyak kita menggunakan alat-alat elektronik tersebut, semakin cepat pula listrik akan habis terpakai dan semakin banyak pula asap yang keluar dari PLTD.

Contoh

Interaksi Mesin – Manusia sebagai berikut :
  • Rumah : Mesin Blender dapat membantu untuk mengaluskan bumbu masak membuat jus  dan sebagasinya
  • Kantor : Komputer digunakan para pekerja untuk membuat laporan, mengelola data, dan keperluan lainnya.
  • Kampus : Proyektor dapat membantu mahsiswa dan dosen dalam menampilkan presentasi pada saat melakukan proses belajar mengajar.
  • Lahan Pertanian : Traktor yang digunakan untuk menarik berbagai macam alat pengolah tanah, penanaman, pemeliharaan, dan panen.
  • Pasar Induk : Alat penggiling cabai yang digunakan untuk mengiling cabai
  • Supermarket : CCTV yang digunakan untuk memantau kegiatan di supermarket

Sekian pembahasan mengenai Interaksi Manusia dan Komputer, Interaksi Manusia dan Mesin, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.

Post a Comment

0 Comments