News
Loading...

Jenis - Jenis Komputer, yang terakhir canggih !

komputer

Komputer adalah perangkat elektronik yang memanipulasi informasi atau data serta mampu menyimpan, mengambil, dan mengolah data yang kita inginkan. Komputer biasanya digunakan untuk mengetik dokumen, mengirim e-mail, bermain game, dan menjelajah Web.

Berikut ini adalah penjelasan mengenai jenis-jenis komputer yang Sarjana Bersama rangkumi dan contoh gambarnya sehingga lebih mudah untuk kita pahami berbagai jenis komputer :

1. Personal Computer (PC)
Gambar diatas adalah Personal Computer (PC)

Perosonal Computer (PC) adalah komputer yang digunakan untuk menyelesaikan tugas seseorang. Komputer jenis ini biasa diletakkan di atas meja. Dan juga perangkat-perangkat lain seperti monitor, mouse dan keyboard, dan biasanya CPU diletakkan dibawah meja, namun terkadang semua perangkat diletakan diatas meja. Jenis komputer ini untuk CPU dengan monitornya terpisah. Fungsi dari personal computer (PC) adalah untuk mengolah data input dan menghasilkan output berupa informasi yang bermanfaat bagi user. 

2. Desknote
Gambar diatas adalah Desknote

Desknote adalah komputer portable ini memiliki ukuran yang lebih kecil dari PC, namun bedanya komputer ini tidak memiliki baterai. Sumber daya yang digunakan berasal dari listik secara langsung yang ada bisanya menggunakan terminal dan colokan listrik. Komputer jenis ini disebut desknote karena komputer ini bisa dibawa dan dipindahkan. Fungsi dari desknote ini sama seperti personal computer(PC).

3. Laptop
Gambar diatas adalah Laptop
Laptop adalah komputer portable yang berukuran relatif kecil dan ringan yang menggunakan baterai sebagai sumber daya, baterai ini dapat di cas apabila baterai sudah mulai melemah. Baterai laptop pada umumnya dapat bertahan antara 1-6 jam sebelum akhirnya habis, tergantung dari cara pemakaian, spesifikasi, dan ukuran baterai. 
Laptop memiliki fungsi yang sama dengan personal computer (PC) pada umumnya. Komponen yang terdapat di dalamnya sama persis dengan komponen pada desktop, hanya saja ukurannya diperkecil, dijadikan lebih ringan, lebih tidak panas, dan lebih hemat daya.

4. Notebook
Gambar diatas adalah Notebook

Seiring dengan perkembangan teknologi laptop dibuat dengan ukuran lebih kecil lagi, dan lahirlah laptop dengan ukuran yang lebih tipis yang ketebalannya mirip dengan buku kecil (note) sehingga keluarlah istilah notebook. Laptop dan notebook mempunyai bentuk yang hampir sama, untuk note biasanya mempunyai layar 10 in kebawah.

5. Netbook
Gambar diatas adalah Netbook

Sama seperti Notebook namun untuk ukurannya lebih kecil dan spesifikasi hardwarenya lebih rendah serta ada beberapa fitur yang dihilangkan dengan tujuan memperkecil ukuran, sehingga untuk harga netbook lebih murah dibandingkan dengan nootebook.

6. Subnotebook
Gambar diatas adalah Subnotebook

Komputer ini biasanya diberikan istilah notebook mini karena yang ukurannya lebih kecil dari notebook yang membuat  processornya mempunyai kecepatan rendah, kapasitas hardik juga rendah serta  memory yang dugunakan kecil. Hal ini disengaja untuk menghemat tenaga baterai yang berukuran kecil.
Perbedaan antara notebook dengan sub notebook adalah tidak adanya optical Drive (CD/DVD Writer) pada sub notebook, dikarenakan ukuran yang kecil tidak memungkinkan penempatan optical drive. Untuk dapat menggunakan optical drive, pemakai sub notebook mempunyai opsi. 

7. Palmtop
Gambar diatas adalah Palmtop

Dengan berkembangnya teknologi nano komputer dan IC, maka ukuran laptop juga semakin kecil. Bahkan ukurannya sebesar telapak tangan (palm). Sehingga dijuluki palmtop. Dengan bentuk menyerupai Handpohne, sehingga lebih praktis dan mudah dibawa kemana-mana untuk berinternet dan kebutuhan mengirim serta menerima email.
Palmtop berfungsi sebagai komputer pribadi yang dapat genggam. Palmtop memiliki ukuran yang cukup kecil, sehingga dapat simpan di saku tangan. Palmtop ini juga disebut "handtop", komputer Ultra kecil ini mungkin memiliki khusus keyboard atau keypad untuk aplikasi entri data atau memiliki keyboard qwerty kecil.

8. PC Tablet
Gambar diatas adalah PC Tablet

Kebutuhan pengguna PC/notebook untuk bekerja dan berkomunikasi membuat pabrikan menciptakan alat input (input) device selain keyboard dan mouse. Alhasil muncullah alat tulis kecil seperti pensil yang disebut dengan stylus. Stylus digunakan untuk menulis di monitor laptop/notebook dimana monitornya bisa diputar dan dilipat layaknya kita menulis di atas kertas. Komputer ini biasanya dinamakan PC Tablet.

9. Rugged Laptop
Gambar diatas adalah Rugged Laptop

Laptop yang dikhususkan untuk kondisi ekstrim seperti tempat yang penuh goncangan atau berpotensi terhadap benturan, getaran dan air serta cuaca yang tidak mendukung untuk penggunaan PC biasa. Harganya paling mahal, dan PC ini biasanya digunakan oleh Pelaut, penyelam,  Militer dan pekerja yang melakukan pekerjaan di lapangan dengan kondisi goncangan serta kelembaban yang ekstrim.

10. All in One PC (Touchscreen PC)
Gambar diatas adalah All in One PC

Komputer dimana motherboard, Processor, memory dan komponen komputer lainnya bersatu dengan monitor. Ukuran komputer ini beragam bisa mencapai 62 inc. Komputer ini juga dilengkapi dengan port Keyboard dan mouse wireless, selain itu layarnya juga layar sentuh, sehingga dapat mengakses menu dengan hanya menekan jari ke menu tersebut.
Biasanya komputer ini banyak digunakan di tempat umum, untuk melayani pelanggan yang datang seperti di Bandara penerbangan, Rumah sakit, Mall dll. Sebenarnya masih banyak lagi bentuk komputer, dan setiap tahun akan bertabah jenis komputer untuk menyesuaikan dengan perkembangan teknologi

11. Server
Gambar diatas adalah Komputer Server

Ini adalah komputer fisik yang didesain utnuk menangani satu service atau lebih yang diminta oleh program aktif di komputer lain dalam satu jaringan. Untuk menangani tugas yang berat seperti itu maka wajar apabila server memiliki prosesor yang sangat besar, memory yang tinggi serta hard drives dengan kapasitas lebih besar. Di tahun 2010, server disebut menghabiskan 2,5% dari total konsumsi energy di Negara Amerika dengan sebagian besar konsumsinya dihabiskan oleh system pendingin server.

12. Mainframe
Gambar diatas adalah Komputer Mainframe

Satu lagi komputer berukuran jumbo yang dibuat untuk menangani program yang sangat besar dan banyak dalam satu rentang waktu, seperti sensus penduduk, pemilu, perdagangan saham, dan lainnya. Mainframe berjalan pada sejumlah mesin virtual, tidak hanya beroperasi pada sebuah komputer tunggal, maka Mainframe dapat menggantikan puluhan hingga ratusan server.
Fungsi dari mainframe adalah komputer dengan sistem operasinya mampu menyimpan dan mengakses library rutin dengan skala besar, kemudian juga mendukung puluhan bahasa pemrograman yang berbeda, dan bertindak mengawasi lalu lintas ketika beberapa program mencoba mengakses basis data secara bersamaan. Dan juga dipusatkan pada pusat data, telah lama menjadi sumber tenaga dari komputasi dunia bisnis.

13. Super Computer
Gambar diatas adalah Super computer

Apabila mainframe mampu mengerjalan fungsi beberapa server maka super komputer adalah mainframe dengan daya proses paling kuat sehingga mampu mengerjakan banyak komputasi rumit yang memerlukan waktu lama. Super komputer biasanya terdiri dari beberapa komputer berkinerja tinggi yang bekerja salam waktu dan system yang sama dengan system parallel. Super komputer tercepat di dunia saat ini dumiliki oleh National Supercomputing Center di Tianjin, China. Konon memiliki kecepatan 1.4 kali lebih cepat dari superkomputer sebelumnya, Jaguar Cray XT5
Fungsi dari superkomputer dapat digunakan untuk tugas penghitungan-intensif seperti prakiraan cuaca, riset iklim (termasuk riset pemanasan global, pemodelan molekul, simulasi fisik (seperti simulasi kapal terbang dalam terowongan angin, simulasi peledakan senjata nuklir, dan riset fusi nuklir), analisikrip, dan lain-lain. Militer dan agensi sains salah satu pengguna utama super komputer.

14. Wearable Computer
Gambar diatas adalah Wearable computer

Untuk komputer yang satu ini merupakan jenis yang dipakai pada tubuh manusia seperti jam tangan, kacamata, ponsel, atau bahkan pakaian. Wearable komputer kini sedang menjadi mode dalam dunia teknologi dan menjadi bahan penelitian di beberapa perusahaan teknologi besar. Bebrapa contoh wearable komputer yang sudah beredar di pasaran saat ini adalah Samsung Galaxy Gear dan Google Eye.
Fungsi dari wearable computer saat ini sudah sangat berkembang didalam kehidupan manusia, bahkan dalam bidang olahraga seperti sepakbola, sudah memanfaatkan wearable computer dengan menciptakan goal line technology atau teknologi garis gawang.


Komputer merupakan perangkat yang membantu menyelesaikan tugas kita baik apapun itu, jadi dari pembahasan diatas semua jenis komputer mempunyai tugasnya masing-masing..
Sekian pembahasan mengenai jenis-jenis komputer, semoga bermanfaat, Terimakasih



Post a Comment

2 Comments