News
Loading...

Perbedaan Modem dan Router

Internet adalah salah satu teknologi yang banyak diminati masyarakat saat ini. Bahkan tanpa internet pekerjaan dirasa semakin sulit dilakukan sehingga apa-apa harus menggunakan internet baik tugas ataupun itu. Maka, untuk memudahkan koneksi internet, kalian bisa menggunakan modem ataupun router.

modem, router

Apa itu modem ?
Jadi modem ini merupakan singkatan dari Modulator Demodulator. Dimana kedua kata ini memiliki arti yaitu Modulator yang berfungsi untuk mengubah siyal informasi menjadi sinyal pembaca yang sudah siap dikirmkan, sedangkan dalam arti dari Demulator yaitu merupakan bagian untuk memisahkan antara sinyal informasi dari sinyal pembaca yang diterima dengan baik.

Apa itu router ?
Router adalah perangkat network yang digunakan untuk menghubungkan beberapa network, baik network yang sama maupun berbeda dari segi teknologinya. Router juga merupakan sebuah alat yang mengirimkan paket data melalui sebuah jaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagai routing.

Pebedaan Modem dan Router

Jadi, apa perbedaan Modem dan Router? Berikut adalah beberapa perbedaanya yaitu :
  • Dari segi fungsinya, modem sebagai media koneksi ke internet dengan mengirimkan dan menerima paket data melalui jaringan telepon, sedangkan router hanya mengarahkan data dalam suatu jaringan antara komputer dengan modem atau pun dengan komputer itu sendiri.
  • Dari segi jumlah layernya, modem memiliki jumlah (Datalink Layer) layer 2 sedangkan, router memiliki jumlah  (Networking layer) layer sebanyak 3.
  • Dari segi tipenya, modem merupakan perangkat internet networking, sedangkan router merupakan perangkat networking.
  • Dari segi portnya, modem memiliki port sebanyak dua buah yang mana satu port berfungsi untuk melakukan koneksi ke ISP dan port lainnya untuk koneksi ke router, sedangkan router memiliki jumlah port yang beragam dari 2, 4 atau 8 port.
  • Dari segi jaringannya, modem hanya bisa digunakan untuk berkoneksi pada satu atau beberapa komputer dengan menggunakan perantara dari sofware atau sistem operasi, sedangkan router bisa terhubung pada beberapa komputer melalui Wifi/kartu Ethernet.
  • Dari segi koneksi internetnya, modem dapat bekerja sendiri dan membutuhkan koneksi internet sedangkan router tidak membutuhkan koneksi internet karena router dapat melakukan transmisi data antar perangkat namun tidak bisa berjalan atau terhubung ke jaringan internet tanpa bantuan modem.
  • Dari segi keamanan, modem tidak memiliki network security sedangkan router memiliki security atau keamanan.

Kesimpulan
Dari perbedaan diatas, modem dan router jelas memiliki fungsi yang sangat berbeda dari segi apapun itu, namun antara keduanya ini memiliki kesamaan tujuan dan saling mendukung satu sama lain.


Baca juga : Pengertian Harddisk, Bagian dan Jenissnya 
Baca juga : Interaksi Manusia dan Komputer-Mesin

Post a Comment

0 Comments