News
Loading...

Sejarah Singkat Bahasa Indonesia

Sejarah, Bahasa Indonesia, Indonesia

Sejarah Singkat Bahasa Indonesia

Bahasa Melayu sebagai pendahulu bahasa Indonesia digunakan sebagai bahasa pengantar (lingua franca) perdagangan, antara pedagang dari suku yang berbeda di Nusantara. Penggunaan ini berlangsung sejak masa kerajan Sriwijaya, yang bebasis di Sumatera bagian selatan, dan berjaya antara abad ke 7 hingga 11 Masehi.

Pada masa Sriwijaya ini, bahasa Melayu menyerab banyak kata serapan dari bahasa Sansekerta, sebagai pengaruh dari kebudayaan India dan agama Hindu dan Buddha yang dominan pada masa ini.
Pada masa kesultanan Malaka, yang berdiri pada 1400 hingga 1511, penggunaan bahasa Melayu meningkat, selain sebagai bahasa perdagangan juga digunakan sebagai bahasa pengantar dalam penyebaran agama Islam. Pada masa ini, kata serapan dari bahasa Arab masuk ke dalam bahasa Melayu.

Setelah datangnya penjajah Spanyol, Portugis, Belanda, dan Inggris, bahasa Melayu digunakan sebagai bahasa pengantar dalam administrasi penjajahan dan penyebaran agama Kristen. Dalam masa ini, bahasa Melayu menyerap kata serapan dari bahasa Spanyol, Portugis, Belanda, dan Inggris. Secara tidak langsung, bahasa Melayu juga banyak menyerap kata dari bahsa Yunani dan Latin dari bahasa Eropa tadi.

Bahasa Melayu dengan dibakukan menjadi Bahasa Indonesia, yang diproklamirkan sebagai bahasa pemersatu selama Sumpah Pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928. Para Pemuda Indonesia mengikrarkan Sumpah pemuda, yang mengakui dan meresmikan bahasa Indonesia sebagai bahasa resmi bangsa Indonesia. Dan bunyi ikrarnya adalah :

  • Kami putra dan putri Indonesia mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia
  • Kami putra dan putri Indonesia mengaku berbangsa yang satu, bangsa indonesia
  • Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia
Kemudian bahasa Indonesia diberikan pengakuan resmi dalam UUD 1945 pasal 36, yang menyatakan bahwa “Bahasa Negara ialah Bahasa Indonesia.”

Dengan itu, maka resmilah bahasa melayu menjadi bahasa Indonesia.


Demikianlah pembahasan materi mengenai Sejarah Bahasa Indonesia. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Terima kasih.


Post a Comment

2 Comments