News
Loading...

Jaringan Ad-Hoc, Penjelasan dan Cara Sharing Data

Pada kali ini Sarjanabersama akan membahas mengenai cara sharing di jaringan Ad-hoc, sebelumnya sudah membahas mengenai cara membuat jaringan Ad-Hoc, bagi kalian yang belum tau apa itu jaringan Ad-hoc kalian bisa membaca dan mengunjungi link diatas, karena kalian harus memulainya dengan artikel diatas terlebih dahulu.

Oke tanpa basa-basi kita lanjut aja cara membuatnya ya, mari disimak yuk dibawah ini :

Cara Sharing Data di Jaringan Ad-Hoc

1. Sediakan 2 laptop kalian atau juga boleh lebih sebagai client. Satu hal yang harus kalian ketahui, kalian harus membuat jaringan Ad-hoc terlebih dulu dengan menggunakan 1 laptop sebagai server jaringan. Untuk membuat jaringannya, kalian bisa lihat di artikel sebelumnya.
2. Settingan laptop client :
Hubungkan dulu laptop client ke jaringan Ad-Hoc yang telah kalian buat. 
Contoh : Dengan nama ssid = Sarjanabersama dan passwordnya 123456789


3. Masuk ke options Network Connections dan aktifkan semua pilihannya.
(bagi yang belum tau dimana letaknya, bisa membaca di artikel sebelumnya dengan mengklik link diatas tadi).
    - Lihat icon wifi pada sudut kanan bawah desktop windows, lalu klik kanan icon wifi tersebut  
    - Pilih “ Open Network and Sharing Center “.
4. Disana ada pilihan menu, pilihlah “ Change advanced sharing settings “.
5. Setelah masuk ke menu Change advance sharing settings, Turn On kan semua pilihan yang tersedia kecuali pilihan Password Protected Sharing (biarkan saja default/off).
6. Setelah itu pilih Save changes untuk menyimpannya.
7. Kemudian barulah kalian pilih file apa aja yang akan dibagikan/share dan jangan lupa tempatkan file tersebut kedalam folder. Sebagai contoh : Saya akan mengsharing folder bernama "Mobcom". langsung saja ikuti langkah-langkah dibawah ini :
   - Klik kanan folder tersebut
   - Pilih Share with (no1)
   - Lalu pilih Specific people (no2) 



8. Setelah itu muncul halaman File Sharing, pilihlah Everyone, jika kalian memilih ini file yang kalian bagikan/share bisa dibukan oleh client apabila client tersebut sudah terhubung pada jaringan kalian. Lalu kita tambahkan everyone dengan klik “ Add “. 



9. Kemudian klik pada Everyone lalu pilih “ Read/Write “ kemudian pilih Share




10. Lalu pilih “ Done “



11. Setelah itu, cek lah folder di network yang dibagikan tersebut melalui laptop client masing-masing.


12. Setelah terbuka network, kalian bisa melihat foldel yang dibagikan dalam satu jaringan Ad-hoc tersebut. Kalian juga bisa membukanya dan membacanya serta mengambilnya juga bisa. Disini saya menggunakan 5 laptop, 1 sebagai server yang bernama DESKTOP-062PULE dan 4 lainnya sebagai client.

13. Dan buka komputer client yang bernama FAHRI-PC, maka timbullah folder yang dibagikan tadi. Dan lakukanlah hal yang sama dengan client lainnya dengan cara yang diatas agar bisa sharing data/folder yang diinginkan. Kalian boleh membukanya dan membacanya serta mengambilnya juga. 
14. Taraaa, itu dia folder yang kita bagikan tadi.

15. Selesai deh :D 

Kesimpulan

Jaringan Ad-hoc adalah jaringan wireless yang berguna untuk mensharing file dalam bentuk folder dengan mudah tanpa kabel atau apapun itu, baik flashdisk maupun harddisk eksternal. Sekian artikel mengenai Jaringan Ad-Hoc, Cara Sharing Data semoga bermanfaat bagi kita semua. Terimakasih.



Post a Comment

0 Comments