News
Loading...

Apa itu Karangan dalam Bahasa Indonesia?

Bahasa indonesia

Apa itu Tema Karangan ?
Tema karangan adalah ide sentral di dalam karangan yang akan mampu mengikat keseluruhan uraian, deskripsi, penjelasan dan seluruh pembuktian di dalam konstruksi karangan  ilmiah yang bersangkutan.

Apa itu Ide Sentral ?
Ide sentral adalah tema karangan akan mengontrol keseluruhan isi karangan. Keseluruhan konstruksi  karangan pasti akan dapat dikembalikan  kepada ide sentral. Bagi seorang penulis, tema karangan akan dapat menuntun dirinya agar dapat sampai pada akhir tulisan  secara tuntas.

Tema karangan yang baik bagi penulis adalah sesuai bidangnya. Bila penulis ingin mengkaji tema tertentu dalam sebuah karya tulis, pastikan bahwa tema itu memiliki data yang melimpah. Hal lain yang harus di penulis karya ilmiah bahwa ketersediaan teori harus benar-benar  dijamin oleh si penulis itu sendiri.

Untuk menentukan judul karangan Bisa di awal ketika akan menulis, bisa di tengah saat setelah memulai menulis, atau bahkan setelah penulis selesai menulis karangan. Selain itu harus setali dengan tema karangan, harus kelihatan benang merahnya, dan harus sesuai dengan isi karangan.

Kalimat tesis identik dengan tema karangan. Ibaratnya, kalimat tesis dalam sebuah karangan atau tulisan itu  kalimat utama atau kalimat  pokok paragraf,  sedangkan tema karangan identik dengan ide pokok karangan.

Tema : Meningkatkan penjualan sepatu buatan dalam negeri.
Tujuan : Untuk menunjukkan bahwa sepatu buatan dalam negeri  dapat diupayakan  agar lebih diminati oleh konsumen
Tesis : Sepatu buatan dalam negeri dapat ditingkatkan penjualannya dengan menambah daya saing agar lebih diminati konsumen.
Judul   : Sepatu Lokal, Kenapa Tidak?

Model berpikir ilmiah yang lazim digunakan  penulis:
  1. Model DAM-D:duduk perkara, alasan, misal duduk perkara.
  2. Model DSD: dahulu, sekarang, depan.
  3. Model PMHT : perhatian, minat, hasrat, tindakan.
  4. Model 5w+1h: What, who, when, where,  why, how.
  5. Model TAS: tesis, antitesis, sintesis.
  6. Model PIK: pendahuluan, isi, kesimpulan.

Tema : Meningkatkan pembelajaran berbasis Teknologi Informasi di SD/MI

Tujuan : Pembelajaran berbasis  Teknologi Informasi perlu diberikan kepada siswa SD/MI gua meningkatkan kualitas pembelajaran dan daya belajar yang lebih maksimal.

Tesis : Teknologi Informasi sudah saatnya diajarkan kepada siswa SD/MI guna meningkatkan kualitas  pembelajaran dan memaksimalkan daya belajar para siswa.

Post a Comment

0 Comments