News
Loading...

Paragraf, Pengertian Fungsi dan Jenis

Pengertian paragraf, fungsi paragraf, jenis paragraf

Pengertian

Paragraf bisa disebut juga sebagai Karangan Mini. Paragraf atau Karangan Mini adalah satuan bahasa tulis  yang terdiri  dari beberapa kalimat. Kalimat-kalimat dalam paragraf  harus disusun  secara runut dan sistematis sehingga dapat dijelaskan hubungan antara kalimat  yang satu dan kalimat  lainnya dalam paragraf itu.

Sesungguhnya sebuah paragraf  harus mengemban ide  ide pokok atau ide utama . Tanpa ide pokok  atau ide utama yang jelas demikian itu, sebuah paragraf pasti tidak memiliki kendali. Ide utama harus ditempatkan pada posisi yang jelas sehingga pengembangan terhadap ide utama itu akan mudah dilakukan. Penempatan ide utama yang jelas tersebut sekaligus juga  akan menentukan jenis tulisan  atau karangan  yang akan  diemban oleh paragraf.

Ciri-ciri paragraf :

1. Kalimat pertama bertakuk ke dalam lima ketukan spasi untuk jenis karangan biasa, misalnya surat.
2. Paragraf menggunakan pikiran utama (gagasan utama) yang dinyatakan dalam kalimat topik.
3. Setiap paragraf memakai sebuah kalimat  topik dan selebihnya  merupakan kalimat  pengembang.
4. Paragraf memakai pikiran penjelas (gagasan penjelas) yang dinyatakan dengan kalimat penjelas. 

Ihwal paragraf

Dalam karangan yang panjang, paragraf mempunyai arti dan fungsi yang penting. Dengan paragraf itu pengarang dapat mengekspresikan keseluruhan gagasan secara utuh, runtut, lengkap, menyatu,  dan sempurna. Bahkan paragraf dapat mendinamisasikan sebuah karangan sehingga  menjadi lebih hidup, dinamis dan energik.

Fungsi paragraf

  • Mengekspresikan gagasan tertulis dengan memberi bentuk suatu pikiran  dan perasaan ke dalam serangkaian kalimat yang tersusun secara logis, dalam satu kesatuan.
  • Menandai peralihan (pergantian) gagasan baru bagi karangan yang terdiri beberapa paragraf, ganti paragraf berarti ganti  pikiran.
  • Memudahkan pengorganisasian gagasan bagi penulis, dan memudahkan pemahaman bagi pembaca. 
  • Memudahkan pengembangan topik karangan ke dalam satuan-satuan unit pikiran yang lebih kecil
  • Memudahkan pengendalian variabel terutama karangan yang terdiri atas  beberapa variabel.
Ide utama atau gagasan utama yaitu topik yang dikembangkan menjadi sebuah paragraf. Ide utama atau ide pokok  itu dinyatakan dalam kalimat topik. Dalam paragraf pikiran utama berfungsi sebagai pengendali keseluruhan paragraf.

Jenis paragraf

Kalimat Topik atau Ide Utama pada awal paragraf. Isi kalimat ini berupa: penjelas, uraian, analisis, contoh-contoh, keterangan atau rincian kalimat topik. Paragraf diakhiri kalimat topik dan diawali dengan kalimat penjelas. Artinya paragraf ini menyajikan  kasus khusus, contoh, penjelasan, keterangan atau analisa lebih dahulu, barulah  ditutup dengan kalimat topik.


Jadi, syarat paragraf yang baik adalah paragraf  yang benar-benar tuntas dari dimensi penjabaran atau pemaparan ide pokoknya. Ada tiga prinsip  yang harus dikuasai, yaitu: 1) Prinsip Kesatuan Pikiran, 2) Prinsip Ketuntasan Pemaparan, dan 3) Prinsip Keruntutan.
Baiklah mungkin itu saja pembahasan mengenai Paragraf, semoga bermanfaat bagi pembaca, Terimakasih.


Baca juga : Fungsi dan Peran Bahasa Indonesia

Post a Comment

0 Comments