News
Loading...

Sejarah Singkat Jaringan Komputer


Sejarah jaringan komputer

Kumpulan komputer yang mengirim perintah satu sama lain, telah berevolusi menjadi sektor komputasi yang meliputi area seperti Network Attached Storage, Wi-Fi, Cloud, dan Internet of Things yang sedang berkembang.

Di sini, ada beberapa peristiwa paling penting dalam jaringan komputer selama bertahun-tahun dan mencari tahu dari para ahli apa masa depan sektor ini diatur agar terlihat seperti di tahun-tahun mendatang.

1940
George Stibitz, yang diakui secara internasional sebagai salah satu ayah dari komputer digital modern pertama, menggunakan teletype (mesin tik elektromekanik yang dapat digunakan untuk mengirim dan menerima pesan yang diketik) untuk mengirim perintah ke Komputer Nomor Kompleks di New York melalui telegraf garis. Itu adalah mesin komputasi pertama yang pernah digunakan dari jarak jauh.

1964
American Airlines menyerukan kepada IBM untuk menerapkan sistem reservasi SABRE dan pemrosesan transaksi online lahir. Menggunakan saluran telepon, SABRE menghubungkan 2.000 terminal di 65 kota ke sepasang IBM 7090 komputer dan mampu mengirimkan data pada penerbangan apa pun dalam waktu kurang dari tiga detik. Sebelum pengenalan SABRE, sistem American Airlines untuk memesan penerbangan sepenuhnya manual. Ini terdiri dari delapan operator yang memilah-milah file berputar dengan kartu untuk setiap penerbangan.

1980-an
Akses ke ARPANET diperluas pada tahun 1981. Pada tahun 1982, protokol internet suite (TCP / IP) diperkenalkan sebagai protokol jaringan standar pada ARPANET. Pada awal 1980-an NSF mendanai pendirian untuk pusat superkomputer nasional di beberapa universitas, dan menyediakan interkoneksi pada tahun 1986 dengan proyek NSFNET, yang juga menciptakan akses jaringan ke situs superkomputer di Amerika Serikat dari organisasi penelitian dan pendidikan. Penyedia layanan Internet komersial (ISP) mulai muncul pada akhir 1980-an.

2000an
Di Inggris, pada tanggal 31 Maret 2000, Telewest meluncurkan jaringan rumah ADSL - Dsymmetric Digital Subscriber Line. Goldsmith Road di Gillingham, Kent, adalah jalan pertama yang menerima teknologi. Pada tahun 2002, ada kurang dari 200.000 pengguna broadband, tetapi hanya empat tahun kemudian, ada sekitar 13 juta pengguna.

2005
Kotak meluncurkan berbagi file online dan layanan manajemen konten awan pribadi untuk bisnis. Pada tahun 2006, Amazon Web Services memperkenalkan layanan penyimpanan cloud dan mendapatkan pengakuan luas sebagai pemasok penyimpanan untuk layanan yang muncul seperti Dropbox dan Pinterest.

2011
Broadband serat optik dan standar DOCSIS baru membuat kecepatan broadband dengan mudah mencapai 100Mbps. Ini pada gilirannya berarti pengguna akhir membutuhkan router yang lebih baik untuk menyesuaikan kecepatan broadband.

2014
Peluncuran standar 802.11ac Wi-Fi baru, menawarkan kecepatan yang lebih cepat (lebih dari 2 Gbps) dibandingkan dengan 450Mbps dari standar 802.11n sebelumnya. Seiring dengan ini datang cakupan sinyal yang lebih baik. 802.11ac diratifikasi pada tahun 2014.

2016 dan seterusnya
Sekarang kita tahu bagaimana pasar berkembang, apa yang ada di toko untuk sektor jejaring di masa depan?

Manajer negara TP-Link di Inggris, Nelson Qiao percaya bahwa permintaan untuk nirkabel hanya akan terus tumbuh karena teknologi rumah pintar menjadi lebih utama.

“Semakin banyak orang memiliki lebih banyak perangkat yang terhubung dan menolak menunggu unduhan. Kebutuhan akan kecepatan membuka frekuensi nirkabel baru dan mendorong produsen untuk mengembangkan lebih banyak produk kaya fitur yang dirancang agar mudah diatur dan dikelola, ”katanya kepada PCR.

Paul Routledge, manajer negara untuk D-Link UK & I, setuju: “Rumah pintar adalah salah satu kategori baru yang paling menarik untuk muncul dalam beberapa tahun terakhir, dan saya senang D-Link berada di garis terdepan dalam menempa pasar ini.”

Steven Tseng, manajer produk wilayah untuk bisnis jaringan & perangkat nirkabel ASUS, percaya bahwa router terpercaya akan menjadi pusat utama dari semua perangkat rumah pintar dan Internet of Things (IoT).

"Kemampuan router akan diperluas untuk memungkinkan lebih banyak perangkat untuk terhubung dengan mereka, dan standar IoT seperti BLE dan Zigbee akan diimplementasikan dalam perangkat keras router juga," katanya.

Mengenai masalah IoT, Satyen Aggarwall, manajer produk jaringan di Northamber, mengutip bidang industri ini sebagai "implikasi pertumbuhan serius untuk jaringan bergerak ke depan".

“Awan juga telah menggembleng sebuah revolusi dalam cara jaringan dilihat dengan munculnya perangkat lunak yang didefinisikan jaringan, yang pada dasarnya memberikan lebih banyak programabilitas atas lalu lintas jaringan Anda, memberikan kekuatan kembali ke departemen TI Anda untuk membuat template jaringan yang dipesan lebih dahulu, "Kata Aggarwall. "Selama 10 tahun ke depan, bentuk jaringan yang lebih tradisional akan mulai beralih ke teknologi baru ini."

Manajer penjualan teknis Qsan untuk Inggris, Irlandia, dan Nordik, Stefan Ferrari, juga mencatat potensi masa depan solusi hard disk array NAS: “Pada tahun 2020, bit data digital yang disimpan di seluruh dunia akan menyaingi jumlah bintang di jagat raya. 'Alam semesta digital' kami bertambah dua kali lipat setiap dua tahun, jadi penting bahwa data dapat diambil, dianalisis, dan diarsipkan - kapan saja dan di mana saja. Network Attached Storage (NAS) adalah solusi ideal untuk data yang tidak terstruktur ini. “Laporan terbaru dari Toshiba menunjukkan bahwa disk yang berputar akan terus tumbuh dengan potensi mencapai 20TB hingga 40TB pada akhir dekade ini berkat teknologi baru seperti SMR ( rekaman magnetik shingled). Oleh karena itu hard drive di sini bertahan untuk waktu yang lama, ”komentarnya.





Baca juga : Topologi Jaringan Komputer 
Baca juga : Jenis-jenis Komputer

Post a Comment

0 Comments