News
Loading...

Linux, Kelebihan dan Kekurangannya


Linux adalah sistem operasi yang dapat diinstal pada berbagai perangkat keras komputer, mulai dari ponsel, tablet dan konsol permainan video, ke mainframe dan superkomputer. Dan Linux adalah perangkat lunak open source dan free operating system (OS ).

linux


Kelebihan Linux

Linux tersedia secara gratis atau dengan harga yang jauh lebih rendah daripada Microsoft Windows, varian Linux dan versinya sangat andal dan dapat berjalan selama berbulan-bulan dan bertahun-tahun tanpa perlu di-boot ulang. Ini relatif stabil. Komputer yang berjalan pada sistem operasi UNIX adalah diketahui berjalan stabil tanpa batas.

Sebagian besar program perangkat lunak, utilitas, dan permainan yang tersedia di Linux adalah freeware atau open source. Program-program kompleks seperti GIMP, OpenOffice, dan StarOffice tersedia secara gratis atau dengan biaya rendah. kamu tidak perlu membuang lama kamu komputer, masih dapat digunakan untuk tujuan tertentu dengan menggunakan Linux.

Sebagian besar varian Linux dan program adalah open source dan mereka memungkinkan pengguna untuk menyesuaikan atau memodifikasi kode yang mereka pilih. Keamanan di linux lebih unggul daripada Windows, hampir semua pengguna Windows akan terkena virus, spyware, trojan, adware, dll, Itu hampir tidak terjadi di Linux.

Linux digunakan sebagai sistem operasi untuk server di perusahaan dan di sekolah. Ini digunakan untuk komputer rumah tetapi sering oleh pengguna dengan lebih banyak pengetahuan teknis dan latar belakang, Ini selalu merupakan sistem operasi yang sangat aman, Dan itu lebih aman dari Windows.

Sistem operasi Linux adalah sistem operasi open source gratis, tidak ada biaya lisensi untuk membeli atau menggunakan Linux. Mudah digunakan, hampir semudah menggunakan Windows. Dan semua aplikasi yang disertakan dalam Windows telah menjadi alternatif di Linux.

Kamu harus tahu bahwa Linux sangat stabil, jarang crash, jika crash, seluruh sistem tidak turun. Linux kurang rentan terhadap malware komputer, Dan itu memiliki kompatibilitas mundur yang lebih baik.

Sangat penting bahwa sistem operasi Linux adalah salah satu teknologi open-source pertama tetapi banyak programmer telah berkontribusi dan menambahkan perangkat lunak yang benar-benar open-source untuk setiap pengguna. Jadi, siapa pun dapat mengunduh kode sumber dan mengubahnya.

Teknologi open-source seperti Linux memiliki berbagai pilihan yang tersedia untuk pengguna, dan mereka memiliki peningkatan keamanan, Dengan Linux menjadi open-source, Beberapa distribusi tersedia untuk pengguna akhir.

Kelemahan Linux

Kada harus tahu bahwa meskipun varian Linux ditingkatkan secara dramatis dalam kemudahan penggunaan, Windows masih dianggap lebih mudah digunakan untuk pengguna komputer non-teknis, PC berbasis Windows jauh lebih mungkin ditemukan di sekolah atau tempat kerja. pengaturan.

Sangat penting untuk mengetahui bahwa ada beberapa handware yang tidak didukung oleh Linux. Para produsen perangkat keras biasanya menulis driver untuk Windows tetapi tidak semua merek menulis driver untuk Linux.

Anda harus tahu bahwa Linux memiliki banyak program perangkat lunak yang tersedia, utilitas, dan permainan, tetapi Windows memiliki program perangkat lunak yang lebih besar, Dukungan handware dari vendor tertentu tidak terlalu bagus untuk Linux. Instalasi software tidak semudah di Windows.

Linux tidak mendominasi pasar seperti Windows. Sulit untuk menemukan aplikasi untuk mendukung kebutuhan kamu tetapi lebih banyak programmer mengembangkan aplikasi yang didukung oleh Linux. Banyak orang memiliki masalah dengan menjalankan printer di Linux. Dan cakram Blu-ray dapat tidak bermain menggunakan Linux.

Anda harus tahu bahwa tidak ada satu edisi standar Linux, Linux tidak semudah menggunakan Windows atau Mac. Ini membutuhkan pengetahuan tentang komputasi daripada sistem operasi lain. Ini bisa sangat menantang untuk pengguna awal. Ketika kamu menggunakan Windows atau Mac. kamu harus melupakan dan mempelajari kembali berbagai fungsi dan proses yang berbeda.

Sangat penting untuk mengetahui bahwa beberapa program tidak akan berjalan di Linux, sementara ada ratusan pilihan program yang mirip dengan perangkat lunak Windows atau Mac tertentu, handware komputer kurang kompatibel dengan Linux, Dan ada banyak pilihan driver yang lebih kecil. yang akan bekerja dengan Linux.

Ada banyak pengguna Linux yang sangat membantu dalam menjawab pertanyaan teknis kamu di forum dan ruang obrolan, itu bisa lebih sulit untuk mendapatkan bantuan untuk masalah kamu. Tidak ada bantuan segera, mungkin sulit untuk menemukan orang yang memperbaiki komputer yang berpengalaman di Linux.



Baca juga : Topologi Jaringan Komputer
Baca juga : Jenis-jenis Komputer


Post a Comment

0 Comments