News
Loading...

Berapa banyak memori atau RAM yang harus dimiliki komputer saya?



RAM



Baiklah kali ini Sarjanabersama akan membahasi mengenai RAM, terutama berapa banyak sih yang harus dimiliki setiap komputer. Pertanyaan ini tergantung pada jenis pengguna komputer kamu, program apa yang kamu rencanakan untuk dijalankan di komputer, dan berapa banyak program yang kamu buka pada waktu tertentu. Aplikasi menentukan berapa banyak RAM yang harus kamu miliki dengan melihat persyaratan sistem dari program yang kamu jalankan di komputer kamu dan harus menggandakan persyaratan memori. Namun, di bawah ini adalah rekomendasi umum untuk jumlah memori yang saya sarankan untuk dimiliki komputer saat ini.

Minimal: 2 GB
Disarankan: 4-6 GB
Luar biasa: 8 GB atau lebih.

Jika kamu menggunakan komputer yang lebih lama, dengan versi sistem operasi yang lebih lama, persyaratan memori minimum bisa jauh lebih sedikit. Misalnya, pengguna yang masih menjalankan Microsoft Windows 98 bisa lolos dengan 64 MB memori karena persyaratannya hanya 24 MB.

Catatan: Perlu diingat bahwa versi 32-bit dari sistem operasi Microsoft Windows hanya mendeteksi maksimum 4 GB dari total memori sistem. Upgrade ke prosesor 64-bit dan Windows versi 64-bit akan meningkatkan persyaratan memori kamu, tetapi juga memungkinkan komputer kamu untuk mengenali lebih banyak memori.

Jika ada yang bertanya, apa yang terjadi jika komputer saya memiliki kurang dari 2 GB?

Selama kamu menggunakan sistem operasi lama seperti yang disebutkan di atas tadi, kamu masih bisa lolos dengan memori 2 GB atau kurang. Namun, menjalankan sistem operasi yang lebih lama dapat menimbulkan ancaman keamanan karena sistem operasi yang lebih lama tidak lagi diperbarui. Jika kamu menjalankan komputer yang lebih baru dengan 2 GB atau kurang memori, memiliki jumlah memori yang rendah dapat menyebabkan komputer berjalan lambat/lelet.

Baiklah itu saja pembahasan kali ini mengenai berapa banyak RAM yang harus dimiliki setiap komputer, hanya saja saran saya jika kamu menjalankan banyak program/aplikasi maka semakin besar juga memori atau RAM yang harus kamu miliki. Semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih...


Baca juga : Cara Mengubah Kecepatan Fan di Komputer
Baca juga : RAM, Pengertian Fungsi dan Jenisnya

Post a Comment

0 Comments