News
Loading...

4 Masalah Jaringan Paling Umum dan Cara Memperbaikinya


network problems and how to fix them

4 Masalah Jaringan Paling Umum dan Cara Memperbaikinya

Sarjanabersama.-Jaringan sangat diperlukan dalam meningkatkan produktivitas dan komunikasi bisnis, menjaga perangkat (dan orang-orang yang menggunakannya) terhubung satu sama lain, bahkan dalam jarak yang sangat jauh.

Untungnya, sebagian besar masalah jaringan dapat diselesaikan dengan mudah, asalkan kalian dapat mengidentifikasi akar penyebab masalah jaringan tersebut. Jadi apa masalah jaringan paling umum yang muncul, dan bagaimana kalian bisa mengatasinya?

Apakah Ini Masalah Jaringan "Real"?

Pertama, kalian perlu menentukan apakah ini adalah masalah jaringan "Real", atau apakah itu hanya tampak sebagai masalah jaringan. Misalnya, jika ada aplikasi tertentu yang mengakibatkan koneksi atau kesalahan lambat, itu bisa jadi masalah dengan aplikasi itu sendiri bukan jaringan yang sebenarnya.

Masalah-Masalah Paling Umum

Ini adalah beberapa masalah paling umum yang akan kalian alami:

1. Internet lambat. Lambat internet adalah kutukan dari setiap keberadaan pekerja. Itu bisa disebabkan oleh sejumlah masalah. Misalnya, router kalian mungkin tidak berfungsi dengan benar, kalian mungkin memiliki terlalu banyak perangkat yang mencoba mengakses internet sekaligus, aplikasi tertentu mungkin terlalu banyak menggunakan bandwidth kalian, atau penyedia internet kalian sendiri mungkin mengalami penundaan layanan. Sayangnya, satu-satunya cara untuk mengatasi masalah potensial ini adalah menyelidiki dan mencoba memperbaikinya, satu demi satu, sampai kalian menemukan akar masalahnya.

2. Sebuah sinyal tanpa koneksi. Terkadang, kalian akan melihat sinyal dari router, tetapi perangkat kalian tidak akan dapat terhubung ke jaringan.
Ada dua penyebab potensial untuk ini; pertama, perangkat kalian mungkin berada di luar jangkauan router. Pindahkan perangkat ke dekat router, dan lihat apakah kalian dapat menghubungkannya. Jika kalian masih tidak dapat tersambung, mungkin ada masalah dengan perangkat keras. Mungkin dapat mengganti kartu jaringan yang digunakan, atau memperbarui driver yang terkait dengannya, tetapi dalam beberapa kasus, kalian harus mengganti perangkat keras sepenuhnya.

3. Konflik IP. Windows biasanya memastikan bahwa hanya ada satu alamat IP per perangkat yang memiliki akses ke jaringan pada waktu tertentu. Namun, dalam situasi yang jarang, dua perangkat mungkin berakhir dengan alamat IP yang sama; ketika ini terjadi, satu perangkat biasanya akan "diblokir," yang mencegah perangkat mengakses file yang dilindungi. Untuk membuat keadaan menjadi lebih buruk, itu dapat menyebabkan kelambatan untuk semua perangkat yang terhubung bukan hanya dengan konflik IP. Menghindari masalah ini relatif mudah jika kalian mengkonfigurasi ulang pengaturan DHCP untuk mengecualikan alamat IP statis. Ini harus mengkonfigurasi ulang alamat IP sehingga semua mesin dapat mengakses jaringan tanpa masalah.

4. Koneksi dengan akses terbatas. Jika kalian memiliki koneksi dengan akses terbatas, kemungkinan akan menerima pesan kesalahan Windows yang disebabkan oleh kesalahan teknis. Windows telah merilis pembaruan yang seharusnya mencegah sebagian besar kesalahan ini terjadi, tetapi jika menghadapi situasi ini, taruhan terbaik adalah melakukan hard reset router jaringan kalian dan perangkat yang mencoba menyambung ke sana.

Masalah TI ini salah satunya jaringan, mungkin membuat kalian sakit kepala, tetapi seharusnya tidak berlangsung lama jikakalian tahu cara mendiagnosis dan menyelesaikannya. Perhatikan dengan hati-hati untuk setiap gangguan dalam layanan, dan terus mengotak-atik hingga kalian dapat menjalankan kembali semuanya.

Baiklah itu saja pembahasan mengenai Masalah Jaringan Paling Umum dan Cara Memperbaikinya, semoga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih...



Baca juga : Cara Mengubah Kecepatan Fan di Komputer
Baca juga : Berapa banyak memori atau RAM yang harus dimiliki komputer saya? 

Post a Comment

0 Comments