News
Loading...

Penjelasan Internet vs Intranet vs Extranet !


Internet intranet dan ekstranet

Sarjanabersama-Baiklah kali ini kita akan membahas apa itu Internet, Intranet dan Extranet. Dari namanya saja kita sudah keliru mengucapkannya karena hampir sama tapi beda dan jelas mereka punya fungsinya masing-masing. Untuk lebih lengkapnya, yuk simak berikut ini ..

Internet vs Intranet vs Extranet

Internet 

Internet singkatan dari Interconnection-Networking. Digunakan setiap hari oleh orang-orang di seluruh dunia untuk mencari apa yang mereka inginkan. Internet dapat dihubungkan ke komputer lain dan komputer mana pun, di internet dapat menghubungkan komputer lain kapan saja diinginkan melalui jaringan.

Fungsi Internet utama di seluruh dunia adalah di mana mereka terhubung dan dapat terhubung ke hub utama lainnya. Terutama dipesan dan dikelola oleh Amerika Serikat, seseorang yang duduk di California yang terhubung ke internet dapat mengakses server di mana pun di seluruh dunia yang terhubung. Karena server secara fisik terletak di sepanjang jalan, server di kota terdekat memiliki ribuan mil jauhnya.

Internet bisa juga dikatakan seluruh jaringan komputer yang saling terhubung menggunakan standar sistem global Transmission Control Protocol/Internet Protocol Suite (TCP/IP) sebagai protokol pertukaran paket (packet switching communication protocol) untuk melayani pengguna di seluruh dunia.

Intranet

Intranet adalah versi internet yang terbatas, yang biasanya tidak mengizinkan akses ke siapa pun di luar jaringannya. Intranet biasanya adalah jaringan lokal saja, yang berarti bahwa intranet dapat diakses oleh informasi yang disimpan di servernya. Rahasia keamanan atau database yang tersedia untuk tujuan keamanan. CIA. Intranet pada dasarnya adalah versi mini dari internet yang hanya menghubungkan beberapa server, bukan jumlah server yang tak terhitung jumlahnya yang disimpan dan dihubungkan Internet dengan satu sama lain.
Umumnya, sebuah intranet dapat dipahami sebagai sebuah “versi pribadi dari jaringan Internet”, atau sebagai sebuah versi dari Internet yang dimiliki oleh sebuah organisasi.

Extranet

Internet dan intranet tidak selalu terpisah dan tebang habis, dan apa pun yang merupakan perpaduan keduanya dianggap sebagai extranet. Ekstranet adalah intranet pribadi (atau jaringan lokal) yang terhubung ke Internet, tetapi hanya memungkinkan akses ke informasi atau akses tertentu oleh sekelompok orang tertentu. Ekstranet adalah perpaduan antara kerahasiaan dan kontrol intranet, tetapi juga kenyamanan dan banyaknya informasi.

Ekstranet, bagaimanapun, tidak sempurna, dan hampir semua jaringan yang terhubung ke internet dapat diakses dengan tidak tepat karena diberi cukup waktu, motivasi, dan sumber daya oleh pihak yang berkepentingan. Jika peretas dengan keahlian yang tepat memutuskan untuk mengakses ekstranet, pertanyaannya adalah berapa lama.

Jadi kesimpulannya, meskipun Internet dan Intranet keduanya sangat mirip, mereka berbeda dalam kegunaannya dan keseluruhan tujuannya ketika harus berbagi informasi, khususnya pada siapa yang dapat mengakses informasi yang dimaksud.


Baiklah itu saja materi kali ini, semoga bermanfaat bagi pembaca, jangan lupa berkunjung lagi ya :) Terimakasih..


Baca juga : Perbedaan Modem dan Router 
Baca juga : Topologi Jaringan Komputer

Post a Comment

0 Comments