News
Loading...

Pengertian Hyperlink dan Fungsi serta Cara Membuatnya, mudah loh

Sarjanabersama-Baiklah, kali ini admin akan sharing artikel mengenai penjelasan Hyperlink dan cara membuatnya.
Bagi kalian sebagai pengguna yang terbiasa menggunakan PowerPoint mungkin sudah pernah bahkan sering mendengar istilah Hyperlink. Yuk simak berikut ini agar lebih jelasnya.

Pengertian Hyperlink

Apa itu Hyperlink?  
Hyperlink merupakan sebuah cara untuk menghubungkan serta perpindahan suatu bagian yang ada di dalam slide seperti file dokumen, slide, halaman web dengan bagian yang lainnya pada bidang tersebut. Hyperlink dapat digunakan pada teks atau gambar sehingga ketika teks atau gambar diklik maka si presentasi akan diarahkan ke slide/halaman lain sesuai isi link tersebut.

Fungsi Hyperlink

Hyperlink digunakan untuk menghubungkan serta juga perpindahan beberapa file, halaman web dan lainnya. Saat hyperlink di klik, kita akan diarahkan ke halaman lainnya sehingga dengan fitur hyperlink tersebut dapat memudahkan si presentasi untuk membuka dokumen/file yang sudah di hyperlink kan.
Teks yang telah diatur hyperlink terlihat berbeda dengan teks biasa pada halaman presentasi. Warna tesk biasanya berwarna biru dan ketika kursor mouse diarahkan ke link tersebut maka terlihat ada underline nya dan pada gambar kursor mouse berubah menjadi gambar tangan yang menunjuk ke arah text hyperlink tersebut.
Jadi, Hyperlink membantu si presentasi untuk pindah dari satu halaman ke halaman lainnya dalam satu perangkat komputer.

Cara Membuat Hyperlink

Membuat hyperlink ada 2 cara yaitu :
Sebelumnya blok teks yang akan di hyperlink kan
1. Menu Insert 

Hyperlink, Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Tinggal kalian blok teks (jika gambar di klik) yang mau di hyperlink kan, pilih Insert lalu pilih Hyperlink

2. Menu Right Click

Hyperlink, Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Tinggal kalian blok teks  (jika gambar di klik) yang mau di hyperlink kan, lalu klik kanan, pilih Hyperlink

Terserah kalian mau pakai yang mana, kalau admin pribadi memilih cara yang kedua karena lebih cepat dan menghemat waktu.

Okee, setelah kalian memilih salah satu caranya, maka akan tampil Insert Hyperlink 
Disini terdapat pilihan Existing File or Web Page, dimana fitur ini berfungsi untuk menambahkan jenis file lain yang akan dituju. Kemudian pilih Current Folder.  Disini admin menambahkan jenis file Word dan klik OK

Hyperlink, Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Dan jika kalian pilih tab Place in This Document, dimana fitur ini akan diarahkan ke slide solution. Apabila telah selesai memilih slide yang dituju dan klik OK.

Hyperlink, Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Jalankan Slide Show PowerPoint dan arahkan kursor mouse pada tulisan atau gambar yang tadi di hyperlink kan, maka kalian akan pindah ke halaman yang dituju.

Hyperlink, Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Jika di klik, maka akan diarahkan kehalaman yang dituju  

Dengan mensematkan gambar juga bisa, dengan membuat shape yang berfungsi sebagai tombol yang digunakan untuk melakukan perintah.
Dengan cara, klik menu Insert, pilih Shapes. Pilih bentuk shapes yang kalian inginkan. Misalnya, disini admin memilih bentuk shape “Right Arrow”. 

Hyperlink, Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya

Setelah dipilih, lanjutkan caranya seperti langkah-langkah diatas


Baiklah itu saja pembahasan kali ini mengenai Hyperlink, Pengertian, Fungsi dan Cara Membuatnya, semoga bermanfaat untuk kita semua khususnya bagi pembaca. Tetap semangat, pantang menyerah dan teruslah belajar dan terus belajar. Semoga sukses. Selamat mencoba. Terimakasih ...



Baca juga : 4 Masalah Jaringan Paling Umum dan Cara Memperbaikinya

Post a Comment

0 Comments