News
Loading...

Panduan untuk Keamanan Internet dari Serangan Cyber

Sarjanabersama-Manfaat keseluruhan dari menggunakan teknologi yang terhubung sangat besar, keamanan adalah masalah yang dapat dipahami. Risiko selalu melekat pada penggunaan internet secara teratur.
Penting bahwa untuk memperhatikan bagaimana kita menangani perangkat, perangkat lunak, dan akun online kita. Langkah-langkah dan tindakan pencegahan apa yang harus kita ambil untuk mencegah serangan online.

Panduan untuk Keamanan Internet dari Serangan Cyber

Apa yang akan kita pelajari dalam panduan ini:
Apa keamanan internet itu dan beberapa bentuk paling umum dari serangan cyber ?
Apa langkah-langkah kunci yang harus kita ambil untuk melindungi diri secara online ?

Apa keamanan internet dan serangan online yang paling umum?

Keamanan Internet adalah upaya dan tindakan pencegahan untuk menjaga diri agar aman dari serangan online berbahaya yang biasanya melibatkan semacam pelanggaran ilegal terhadap akun web, program, atau perangkat yang terhubung.

Beberapa jenis serangan cyber yang paling umum kita semua harus disadari 

1. Hacks : Ini pada dasarnya menggambarkan akses ke sistem yang diamankan oleh individu atau kelompok, yang biasa disebut sebagai 'hacker'. Sasaran umum peretas adalah situs web, akun email, dan database komersial atau publik yang besar.

2. Penipuan phishing : Salah satu bentuk penipuan yang paling umum (dan mudah ditebak), di sinilah seorang individu (biasanya peretas) menyamar sebagai perusahaan mapan seperti bank terkenal, mengirim pesan kepada individu yang meminta mereka untuk menyerahkan data pribadi seperti info masuk email atau detail bank mereka.

3. Virus : virus komputer adalah salah satu hama komputer yang paling lama dan terkenal. Mereka pada dasarnya adalah file atau program mini yang dapat 'menyelinap' ke komputer dalam file yang lebih luas yang diunduh oleh pengguna, dengan itu dapat memperlambat komputer secara signifikan, memata-matai atau bahkan mengendalikan komputer kalian, dan mengekstraksi informasi sensitif untuk keuntungan pribadi.

Cara tetap aman dalam dunia internet

1. Selalu gunakan perangkat lunak antivirus : Ini sangat penting jika kalian ingin menghindari virus dari perangkat kalian. Ada berbagai harga disana tetapi tidak perlu membayar mahal untuk melindungi komputer kalian. Sebenarnya ada beberapa program antivirus yang lebih murah atau bahkan gratis di luar sana yang berperingkat tinggi, dan belakangan ini baik Microsoft maupun Apple menawarkan perlindungan bawaan dengan banyak perangkat mereka. Keamanan seluler juga tidak boleh diabaikan. Aplikasi seperti Lookout , dapat membantu melindungi ponsel kalian.

2. Jangan pernah mempercayai alamat atau tautan email yang tidak dikenal : Jika kalian menerima alamat email yang tiba-tiba dari bank yang meminta detail pribadi, perlakukan dengan sangat hati-hati. Tanda yang jelas dari peretasan phishing adalah bahwa alamat pesan (sementara dalam banyak kasus bisa sangat mirip dengan merek asli) tidak akan menjadi yang asli. Jika kalian mencurigai niat jahat, laporkan alamatnya ke penyedia email kalian dan hapus. Serangan dan penipuan phishing menjadi semakin umum di media sosial juga. Sederhananya, jika kalian tidak mempercayai suatu tautan, jangan pernah mengkliknya.

3. Amankan browser web kalian : Semua browser web yang umum (Internet Explorer, Mozilla Firefox dan Google Chrome) akan memiliki berbagai pengaturan keamanan yang dapat membantu meminimalkan risiko terhadap akun dan data online kalian. Misalnya, kalian dapat menonaktifkan opsi untuk browser untuk mengingat detail login kalian untuk akun email dan media sosial, mengatur opsi keamanan ke 'high' dan secara teratur menghapus cache browser (atau bahkan menonaktifkan semua bersama-sama) sehingga browser kalian tidak dapat berpegang pada terlalu banyak data yang berpotensi sensitif.

4. Ubah kata sandi secara teratur : Buat peraturan untuk memperbarui semua kata sandi setiap beberapa minggu. Ini mungkin tampak seperti kerumitan, tetapi jika secara signifikan mengurangi risiko peretasan dan pelanggaran keamanan (yang memang demikian) maka itu sepadan dengan usaha. Pastikan kalian memilih kata sandi yang mudah diingat namun aman (banyak akun menyarankan kualitas kata sandi yang dipilih).

5. Perbarui perangkat lunak secara teratur : Ini adalah perangkat yang sangat mendasar, tetapi banyak orang cenderung mengabaikan peringatan dari program yang menyarankan mereka untuk memperbarui ke versi terbaru mereka karena 'ada hal-hal yang lebih penting untuk diselesaikan'. Namun, alasan yang tepat untuk banyak pembaruan perangkat lunak adalah untuk memperkuat kerentanan keamanan baru-baru ini.

6. Selalu periksa tingkat keamanan situs sebelum percaya : Kalian sering perlu memasukkan detail pribadi di situs web. Sebagai pedoman umum, semua situs web yang meminta detail ini harus menggunakan tingkat keamanan tambahan untuk melindungi data kalian melalui alamat 'https' ('singkatan' untuk 'keamanan' dan situs web yang tidak memiliki ini , akan hilang 's').

7. Gunakan akal sehat : Pada akhirnya, realitas ancaman keamanan online tidak jauh berbeda dengan dunia. Hanya waspada terhadap perilaku atau praktik yang tidak biasa, jangan percaya pada orang asing dan waspada terhadap pendekatan yang tidak diminta untuk informasi kalian.

Internet, sama seperti dunia 'nyata', penuh dengan peluang potensial, serta bahaya dan risiko. Semoga panduan ini membuat kita menyadari apa risiko itu dan langkah-langkah yang akan diambil.

Baiklah itu saja pembahasan kali ini mengenai Panduan untuk Keamanan Internet dari Serangan Cyber, semoga bermanfaat untuk kita semua khususnya bagi pembaca. Tetap semangat, pantang menyerah dan teruslah belajar dan terus belajar. Semoga sukses. Selamat mencoba. Terimakasih ...



Baca juga : 14 Trik Komputer Yang Harus Diketahui Semua Orang
Baca juga : Tips membeli memori komputer (RAM)

Post a Comment

0 Comments